Translate

Minggu, 05 Juni 2016

Opini : Kebangkitan PKI,Fakta Atau Rekayasa?



Sekarang gua akan bahas isu yang sedang panas saat ini. Ya,isu tentang kebangkitan Partai Komunis Indonesia atau PKI. Gua akan bahas sedikit tentang sejarahnya,
PKI merupakan partai yang berideologi marxisme-leninisme yang telah dilarang di Indonesia sejak tahun 1966 dikarenakan disebut melakukan upaya kudeta di Madiun (1948) serta Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI). Dan di pertengahan 2016 ini, isu ini muncul ke permukaan tentang pembunuhan massal setelah tahun 1965 dan diisukan bahwa PKI akan hidup kembali dan merencanakan kudeta lagi. Bagi gua, tidak akan ada habisnya ketika membahas masalah ini. Sejarah pun masih belum terlihat jelas mengapa Orde Baru memerintahkan pembantaian yang dikabarkan hingga 3 juta nyawa melayang. Di waktu itu perpolitikan terlihat sangat sulit dan pada waktu itu masyarakat seakan-akan di buat sangat marah sehingga sampai sekarang masyarakat Indonesia dibuat takut akan kebangkitan PKI. Sebenarnya apa bukti kalau PKI akan bangkit?. Pihak pensiunan tentara ada yang menyebutkan kalau PKI sekarang sudah menyusun struktur organisasi dan telah menyiapkan ribuan massa pendukungnya. Benarkah demikian?. Isu ini seolah-olah telah memisahkan antara pihak yang mengatasnamakan  keluarga korban pembantaian dan di pihak lain mengatasnamakan keluarga pahlawan revolusi.

Menurut gua, memang penting untuk membenarkan peristiwa sejarah yang penuh konspirasi. Tetapi tujuannya bukanlah mencari siapa pihak korban diantara kedua pihak akan tetapi, sejarah G30S harus dimaknai sebagai sejarah kelam dan waktunya bangsa Indonesia untuk bersatu padu melawan hal-hal yang menentang Pancasila. Hakikatnya adalah isu ini dijadikan pelajaran agar kita semua harus selalu berpegang teguh pada Pancasila sebagai pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dan yang terpenting adalah pelaksanaan Pancasila.

Semoga bermanfaat!

Sumber Gambar: Nasional.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar